RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah :
SDK Wanno Badu
Mata pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester :
IV (empat)/II (dua)
Materi pokok :
Pengertian Globalisasi
Alokasi waktu :
2 x 35 menit
A. Standar
Kompetensi:
4. Menunjukan
sikap terhadap globalisasi
B. Kompetensi
Dasar
4.1 memberikan
contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya.
C. Indikator Pembelajaran:
4.1.1
menjelaskan defenisi globalisasi
4.1.2
menunjukan contoh pengaruh globalisasi di lingkungan rumah dan seklolah
4.1.3
mengemukakan dampak globalisasi di lingkungan sekitar.
D. Tujuan Pembelajaran:
Ø setelah menjelaskan tentang defenisi globalisasi
siswa mampu memahami defenisi globalisasi beserta hal yang berkaitan dengan
globalisasi.
Ø Setelah menunjukan contoh pengaruh globalisasi di
lingkungan rumah dan sekolah siswa mampu mengetahui perkembangan globalisasi di
lingkungan sekitarnya.
Ø Setelah mengemukakan dampak globalisasi di
lingkungan sekitarnya siswa mampu menunjukan sikap yang baik dalam menghadapi pengaruh
globalisasi
E. Materi Ajar/Pokok:
Ø Defenisi globalisasi
Ø Contoh pengaruh globalisasi di lingkungan sekitar
F. Metode pembelajaran
Ø Ceramah, pengamatan, tanya jawab.
G. Langkah-langkah kegiatan
pembelajaran:
a. Kegiatan Awal (10 menit)
Dalam kegiatan awal, guru:
Ø Guru memberi salam kepada siswa.
Ø Guru meminta salah satu siswa untuk berdoa.
Ø Guru mengecek kehadiran siswa dengan mengambil
absen.
Apersepsi:
Ø Guru menyanyikan sebuah lagu “kapal selam”
Ø Guru bertanya tentang lagu yang dinyanyikan
b. Kegiatan Inti: (60 menit)
Ø Eksplorasi:
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Ø Guru menyampaikan topik pembelajaran
Ø Guru menjelaskan materi globalisasi berdasarkan lagu
yang telah dinyanyikan
Ø guru menunjukan foto-foto tentang pengaruh
globalisasi
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Ø guru mengajak siswa untuk mengingat-ingat kembali
contoh kongkret dari dampak globalisasi yang dijumpai di jalan, rumah dan
sekolah
Ø siswa menuliskan contoh kongkret dari dampak
globalisasi yang didapat di sekitar kelas
Ø siswa memperhatikan dan bertanya tentang materi yang
tidak dipahami.
Ø Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
Ø Guru menunjukan foto-foto dampak buruk globalisasi bagi
lingkungan, kebudayaan dan norma-norma
Ø Siswa bersama teman sebangku mencocokan gambar
tentang pengaruh globalisasi dengan dampak yang ditimbulkan (dampak baik /
buruk)
Ø Guru memberikan pengertian untuk bersikap bijak
dalam menyikapi dampak globalisasi
c. penutup (5 menit)
Ø guru meminta siswa mengumpukan tugas yang telah
diberikan.
Ø Siswa dibimbing untuk menarik simpulan tentang
pembelajaran hari ini
Ø Guru memberikan nasihat dan arahan pada siswa agar
lebih semangat dalam menuntut ilmu.
Ø Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan
keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegitan pembelajaran)
H. Media, alat
dan sumber bahan
Ø Media: hand out, foto
Ø Alat dan Bahan: buku, pulpen
Ø Sumber belajar: lingkungan rumah, lingkungan
sekolah, diri anak
Penilaian
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap
No.
|
Nama
Siswa
|
Percaya
Diri
|
Tanggung
jawab
|
Dapat
Dipercaya
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|||||||||||||||
Keterangan:
1 = Belum terlihat
2 = Mulai terlihat
3 = Mulai berkembang
4 = Membudayakan
b.
Penilaian Pengetahuan : Tes tertulis
1. siswa diminta menuliskan 5 contoh konktret dari dampak globalisasi yang
didapat di sekitar siswa.
2. siswa mecocokan gambar dampak baik dan dampak
buruk globalisasi.
Ø Soal no 1. 1 jawaban bernilai 20 poin. Total
poin 5 x 20= 100 poin
Ø Soal no 2. Ada 10 gambar, 1 jawaban benar
bernilai 10 poin. Total poin 10 x 10 = 100 poin
c.
Penilaian Keterampilan:
Praktik
mencocokkan gambar tentang pengaruh
globalisasi dengan dampak yang ditimbulkan (dampak baik / buruk)
No.
|
Nama
Siswa
|
Ketepatan
dalam mencocokan
|
Efektifitas
waktu yang digunakan
|
Kerja
Sama
|
||||||
BS
|
B
|
C
|
BS
|
B
|
C
|
BS
|
B
|
C
|
||
Keterangan:
BS =
Baik Sekali
B =
Baik
C =
Cukup
Mengetahui, Wanno Badu, 29 April 2017
Guru
Pamong Mahasiswa
Praktik
(Ngongo
Leghu A. Ma) (Arman
Umbu Hama Koda)
Nip: Nim:
83821401019
Mengesahkan,
Kepala
Sekolah
(Paulus Rua
Pala, A.Ma. Pd)
Nip : 196202131991
10 1001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar